<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6260801323778554820\x26blogName\x3dSumber+Daya+Manusia\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://mugi-sdm.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://mugi-sdm.blogspot.com/\x26vt\x3d5478989733224771995', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe", messageHandlersFilter: gapi.iframes.CROSS_ORIGIN_IFRAMES_FILTER, messageHandlers: { 'blogger-ping': function() {} } }); } }); </script>

28 September 2009


Pedoman Melakukan Wawancara

I. PEMBUKAAN
Kemukakan:
1. Perusahaan & Bisnisnya
2. Tujuan Wawancara

II. MATERI
1. ASPEK: PENAMPILAN/SIKAP.
Diperlukan untuk jabatan-jabatan yang banyak berhubungan dengan masyarakat / pihak di luar perusahaan
( Mis : PA, GA, Secrt, dll )

Observasi:
- Cara berpakaian: Rapi/tidak rapi, berlebihan/tidak berlebihan
- Sikap dalam wawancara: Gugup/gelisah/tidak santai/acuh tak acuh/sombong/tenang
- Keadaan fisik:Cacat / tidak cacat.

2. ASPEK: PENGALAMAN KERJA.
Untuk mengetahui riwayat pekerjaan (latar belakang meninggalkan pekerjaan, sering tidaknya pindah pekerjaan, berkembangnya karir/kebehasilan/kegagalan dalam pekerjaan terdahulu).
- Di perusahaan/bagian/jabatan/pekerjaan mana Anda merasakan kepuasan/ketidakpuasan? Mengapa?
- Mengapa Anda pindah ke perusahaan lain.

Wawancara:
(Untuk calon yang belum berpengalaman )
- Dapatkah Anda menceritakan mengenai kuliah kerja nyata/praktek kerja Anda?
(Jawaban diharapkan mencakup: dimana, kapan, tempat/bagian, kesan, kesulitan dan cara mengatasinya, dll.)
- Bagaimana pendapat Anda mengenai program kerja nyata/praktek kerja tersebut?
(Jawaban diharapkan mencakup: perlu tidaknya program tersebut, untung ruginya, manfaatnya, pembiayaan, dll.)
- Ceritakan mengenai laporan kerja praktek Anda?
(Jawaban diharapkan mencakup: bagaimana ia merencanakan, menyusun, memperoleh bimbingan, menyelesaikan laporan tersebut)
- Apakah Anda melakukan kerja sambilan (part time) selama sekolah/kuliah?
(kalau Ya, ceritakan , kalau “Tidak” mengapa?)

Wawancara:
(Untuk calon yang sudah berpengalaman)
- Dapatkah Anda ceritakan mengenai pekerjaan Anda saat ini? (Jabatan, tugas, tanggung jawab & wewenang)
- Apa kesulitan yang Anda hadapi & bagaimana cara Anda mengatasinya?
- Sebutkan prestasi Anda/hasil yang menonjol selama itu dengan bagaimana penghargaan perusahaan atas prestasi tersebut?

3. ASPEK: PENGETAHUAN/KEMAMPUAN
Pengetahuan terhadap bidang pekerjaan/disiplin ilmu yang dikuasai, kemampuan menganalisa permasalahan, berpikir logis, mengemukakan gagasan baru.

Wawancara:
- Apakah judul skripsi yang Anda buat? ceritakanlah secara singkat!
- Apakah yang Anda ketahui mengenai…(konsep dasar bidang kerja yang dilamar)
- Coba Anda jelaskan mengenai ……… (konsep dasar bidang ilmu yang dikuasai).
- Apakah Anda pernah mengantisipasi suatu problem atau kesempatan sebelum orang lain? Ceritakan (dalam pekerjaan yang pernah dihadapi atau secara umum)
- Apa yang pernah Anda lakukan untuk membuat pekerjaan Anda lebih efisien?
- Pengetahuan / kemampuan apa yang dapat Anda sumbangkan ke perusahaan kita?

4. ASPEK: MOTIVASI
Alasan melamar pekerjaan/minat terhadap pekerjaan yang dilamar.

Observasi:
Logika dalam menjawab suatu pertanyaan, cara menganalisa suatu masalah, kreativitas atau ide-ide baru dalam menjalankan tugas/pekerjaannya.

Wawancara:
- Apa tujuan Anda bekerja?
- Antara Perusahaan Swasta, Instansi Pemerintah dan Profesi (Mis: Dosen, Pengacara/Wiraswasta) dimanakah Anda akan berkarya?
- Hal apa yang paling Anda sukai/tidak sukai dari pekerjaan Anda yang lalu? Jelaskan!
- Mengapa Anda ingin bekerja/pindah ke perusahaan ini?
- Apakah yang Anda harapkan akan Anda peroleh dengan bekerja di perusahaan ini?
- Apa yang Anda capai dalam jangka waktu 5 tahun mendatang? (dari segi kerja & jabatan)
- Mengapa Anda membina karir sebagai …(sesuai dengan bidang karya yang dilamar)?
- Pernahkah Anda punya keinginan untuk mencoba bidang kerja lain?

5. ASPEK: KEPRIBADIAN
- Stabilitas Emosi (pengendalian diri dalam situasi stress)
- Kontak Sosial (minat dalam kegiatan kelompok/bergaul dengan orang lain.)
- Drive (dorongan dari dalam diri sendiri/usaha/semangat untuk mencapai suatu tujuan)
- Keuletan(sikap tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan).
- Inisiatif (Tindakan/kegiatan untuk memulai sesuatu).
- Komunikasi (kemampuan mengungkapkan ide/pikiran secara teratur dan dapat dimengerti oleh orang lain).

Observasi:
- Cara berbicara:
Apakah terlihat emosional, suaranya bergetar, gagap, gugup, ataukah tenang, penuh rasa percaya diri, lugas, dapat mengendalikan diri dalam situasi yang kurang menyenangkan.

Wawancara:
- Organisasi/kegiatan sosial apakah yang pernah Anda ikuti? Apa peran & tugas Anda?
- Mengapa Anda menjadi anggota organisasi tersebut/apa tujuan Anda masuk organisasi tersebut?
- Aktivitas apa saja yang telah Anda jalani bersama organisasi tersebut? Apakah sumbangan terbesar yang Anda berikan dalam kegiatan tersebut?

Wawancara:
- Mata kuliah apa yang Anda rasakan paling sulit? Apa usaha Anda untuk lulus dari mata kuliah tersebut?
- Apa saja yang telah Anda lakukan untuk lulus ujian akhir/menyelesaikan tugas yang diberikan kepada Anda?
- Apa saja yang telah Anda lakukan untuk memperoleh pekerjaan?
- Usaha apa yang sudah Anda lakukan untuk memperbaiki prestasi kerja Anda?

Wawancara:
- Pernahkah Anda merasa sangat kecewa? Bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut?
- Kondisi kerja yang bagaimana yang Anda rasakan paling sulit? Bagaimana cara Anda menghadapinya.
- Masalah penting apakah yang berhasil Anda selesaikan dengan baik? Ceritakan prosesnya!
- Apakah yang harus Anda lakukan agar cita-cita Anda tercapai?

Wawancara:
- Apa saja yang Anda lakukan untuk mengisi waktu luang?
- Pernahkah Anda menyelesaikan tugas yang diberikan melebihi target yang telah diberikan? Ceritakan.
- Ceritakanlah tentang gagasan baru yang berhasil Anda terapkan di tempat kerja Anda sekarang!

Observasi:
- Suara:
Apakah jelas/lantang/terbata-bata/gugup.
- Cara berbicara:
Spontan/singkat/lancar/berputar-putar/terarah/menyakinkan (persuasive)/tegas/ agresif/percaya diri.
- Cara menerima pendapat orang lain:
Acuh tak acuh / penuh perhatian / aktif bertanya / sering tidaknya memotong pembicaraan orang lain.

6. ASPEK: KEPEMIMPINAN
Kemampuan merencanakan, mengorganisasi, mendelegasikan, mengontrol dan mengambil keputusan.

Wawancara:
- Apakah Anda mempunyai pengalaman dalam memimpin suatu organisasi atau kegiatan atau dalam kelompok kerja?
- Bagaimana Anda membagi tugas pada bawahan-bawahan Anda?
- Bila bawahan Anda berprestasi kurang memuaskan/kurang disiplin, bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut?
- Sekali waktu, Anda harus berusaha memperoleh dukungan dari kelompok orang yang bukan bawahan Anda apakah yang Anda lakukan? Berhasilkah Anda?
- Bagaimana cara Anda mengikuti perkembangan tugas-tugas yang telah Anda delegasikan kepada bawahan Anda?
- Keputusan tentang apakah yang Anda rasakan paling sulit Anda ambil? Jelaskan!
- Apakah Anda sering merasa terlalu cepat atau lambat dalam mengambil keputusan? Mengapa?
- Apakah yang akan Anda lakukan bila bawahan Anda melakukan kesalahan?
- Apakah yang akan Anda lakukan bila perintah atasan Anda bertentangan dengan Peraturan Perusahaan?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home


Islamic Calendar Widgets by Alhabib
Free Hijri Date

Manajemen sumberdaya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, pegawai dan masyarakat.