Pedoman Melakukan Wawancara
I. PEMBUKAAN
Kemukakan:
1. Perusahaan & Bisnisnya
2. Tujuan Wawancara
II. MATERI
1. ASPEK: PENAMPILAN/SIKAP.
Diperlukan untuk jabatan-jabatan yang banyak berhubungan dengan masyarakat / pihak di luar perusahaan
( Mis : PA, GA, Secrt, dll )
Observasi:
- Cara berpakaian: Rapi/tidak rapi, berlebihan/tidak berlebihan
- Sikap dalam wawancara: Gugup/gelisah/tidak santai/acuh tak acuh/sombong/tenang
- Keadaan fisik:Cacat / tidak cacat.
2. ASPEK: PENGALAMAN KERJA.
Untuk mengetahui riwayat pekerjaan (latar belakang meninggalkan pekerjaan, sering tidaknya pindah pekerjaan, berkembangnya karir/kebehasilan/kegagalan dalam pekerjaan terdahulu).
- Di perusahaan/bagian/jabatan/pekerjaan mana Anda merasakan kepuasan/ketidakpuasan? Mengapa?
- Mengapa Anda pindah ke perusahaan lain.
Wawancara:
(Untuk calon yang belum berpengalaman )
- Dapatkah Anda menceritakan mengenai kuliah kerja nyata/praktek kerja Anda?
(Jawaban diharapkan mencakup: dimana, kapan, tempat/bagian, kesan, kesulitan dan cara mengatasinya, dll.)
- Bagaimana pendapat Anda mengenai program kerja nyata/praktek kerja tersebut?
(Jawaban diharapkan mencakup: perlu tidaknya program tersebut, untung ruginya, manfaatnya, pembiayaan, dll.)
- Ceritakan mengenai laporan kerja praktek Anda?
(Jawaban diharapkan mencakup: bagaimana ia merencanakan, menyusun, memperoleh bimbingan, menyelesaikan laporan tersebut)
- Apakah Anda melakukan kerja sambilan (part time) selama sekolah/kuliah?
(kalau Ya, ceritakan , kalau “Tidak” mengapa?)
Wawancara:
(Untuk calon yang sudah berpengalaman)
- Dapatkah Anda ceritakan mengenai pekerjaan Anda saat ini? (Jabatan, tugas, tanggung jawab & wewenang)
- Apa kesulitan yang Anda hadapi & bagaimana cara Anda mengatasinya?
- Sebutkan prestasi Anda/hasil yang menonjol selama itu dengan bagaimana penghargaan perusahaan atas prestasi tersebut?
3. ASPEK: PENGETAHUAN/KEMAMPUAN
Pengetahuan terhadap bidang pekerjaan/disiplin ilmu yang dikuasai, kemampuan menganalisa permasalahan, berpikir logis, mengemukakan gagasan baru.
Wawancara:
- Apakah judul skripsi yang Anda buat? ceritakanlah secara singkat!
- Apakah yang Anda ketahui mengenai…(konsep dasar bidang kerja yang dilamar)
- Coba Anda jelaskan mengenai ……… (konsep dasar bidang ilmu yang dikuasai).
- Apakah Anda pernah mengantisipasi suatu problem atau kesempatan sebelum orang lain? Ceritakan (dalam pekerjaan yang pernah dihadapi atau secara umum)
- Apa yang pernah Anda lakukan untuk membuat pekerjaan Anda lebih efisien?
- Pengetahuan / kemampuan apa yang dapat Anda sumbangkan ke perusahaan kita?
4. ASPEK: MOTIVASI
Alasan melamar pekerjaan/minat terhadap pekerjaan yang dilamar.
Observasi:
Logika dalam menjawab suatu pertanyaan, cara menganalisa suatu masalah, kreativitas atau ide-ide baru dalam menjalankan tugas/pekerjaannya.
Wawancara:
- Apa tujuan Anda bekerja?
- Antara Perusahaan Swasta, Instansi Pemerintah dan Profesi (Mis: Dosen, Pengacara/Wiraswasta) dimanakah Anda akan berkarya?
- Hal apa yang paling Anda sukai/tidak sukai dari pekerjaan Anda yang lalu? Jelaskan!
- Mengapa Anda ingin bekerja/pindah ke perusahaan ini?
- Apakah yang Anda harapkan akan Anda peroleh dengan bekerja di perusahaan ini?
- Apa yang Anda capai dalam jangka waktu 5 tahun mendatang? (dari segi kerja & jabatan)
- Mengapa Anda membina karir sebagai …(sesuai dengan bidang karya yang dilamar)?
- Pernahkah Anda punya keinginan untuk mencoba bidang kerja lain?
5. ASPEK: KEPRIBADIAN
- Stabilitas Emosi (pengendalian diri dalam situasi stress)
- Kontak Sosial (minat dalam kegiatan kelompok/bergaul dengan orang lain.)
- Drive (dorongan dari dalam diri sendiri/usaha/semangat untuk mencapai suatu tujuan)
- Keuletan(sikap tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan).
- Inisiatif (Tindakan/kegiatan untuk memulai sesuatu).
- Komunikasi (kemampuan mengungkapkan ide/pikiran secara teratur dan dapat dimengerti oleh orang lain).
Observasi:
- Cara berbicara:
Apakah terlihat emosional, suaranya bergetar, gagap, gugup, ataukah tenang, penuh rasa percaya diri, lugas, dapat mengendalikan diri dalam situasi yang kurang menyenangkan.
Wawancara:
- Organisasi/kegiatan sosial apakah yang pernah Anda ikuti? Apa peran & tugas Anda?
- Mengapa Anda menjadi anggota organisasi tersebut/apa tujuan Anda masuk organisasi tersebut?
- Aktivitas apa saja yang telah Anda jalani bersama organisasi tersebut? Apakah sumbangan terbesar yang Anda berikan dalam kegiatan tersebut?
Wawancara:
- Mata kuliah apa yang Anda rasakan paling sulit? Apa usaha Anda untuk lulus dari mata kuliah tersebut?
- Apa saja yang telah Anda lakukan untuk lulus ujian akhir/menyelesaikan tugas yang diberikan kepada Anda?
- Apa saja yang telah Anda lakukan untuk memperoleh pekerjaan?
- Usaha apa yang sudah Anda lakukan untuk memperbaiki prestasi kerja Anda?
Wawancara:
- Pernahkah Anda merasa sangat kecewa? Bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut?
- Kondisi kerja yang bagaimana yang Anda rasakan paling sulit? Bagaimana cara Anda menghadapinya.
- Masalah penting apakah yang berhasil Anda selesaikan dengan baik? Ceritakan prosesnya!
- Apakah yang harus Anda lakukan agar cita-cita Anda tercapai?
Wawancara:
- Apa saja yang Anda lakukan untuk mengisi waktu luang?
- Pernahkah Anda menyelesaikan tugas yang diberikan melebihi target yang telah diberikan? Ceritakan.
- Ceritakanlah tentang gagasan baru yang berhasil Anda terapkan di tempat kerja Anda sekarang!
Observasi:
- Suara:
Apakah jelas/lantang/terbata-bata/gugup.
- Cara berbicara:
Spontan/singkat/lancar/berputar-putar/terarah/menyakinkan (persuasive)/tegas/ agresif/percaya diri.
- Cara menerima pendapat orang lain:
Acuh tak acuh / penuh perhatian / aktif bertanya / sering tidaknya memotong pembicaraan orang lain.
6. ASPEK: KEPEMIMPINAN
Kemampuan merencanakan, mengorganisasi, mendelegasikan, mengontrol dan mengambil keputusan.
Wawancara:
- Apakah Anda mempunyai pengalaman dalam memimpin suatu organisasi atau kegiatan atau dalam kelompok kerja?
- Bagaimana Anda membagi tugas pada bawahan-bawahan Anda?
- Bila bawahan Anda berprestasi kurang memuaskan/kurang disiplin, bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut?
- Sekali waktu, Anda harus berusaha memperoleh dukungan dari kelompok orang yang bukan bawahan Anda apakah yang Anda lakukan? Berhasilkah Anda?
- Bagaimana cara Anda mengikuti perkembangan tugas-tugas yang telah Anda delegasikan kepada bawahan Anda?
- Keputusan tentang apakah yang Anda rasakan paling sulit Anda ambil? Jelaskan!
- Apakah Anda sering merasa terlalu cepat atau lambat dalam mengambil keputusan? Mengapa?
- Apakah yang akan Anda lakukan bila bawahan Anda melakukan kesalahan?
- Apakah yang akan Anda lakukan bila perintah atasan Anda bertentangan dengan Peraturan Perusahaan?
Kemukakan:
1. Perusahaan & Bisnisnya
2. Tujuan Wawancara
II. MATERI
1. ASPEK: PENAMPILAN/SIKAP.
Diperlukan untuk jabatan-jabatan yang banyak berhubungan dengan masyarakat / pihak di luar perusahaan
( Mis : PA, GA, Secrt, dll )
Observasi:
- Cara berpakaian: Rapi/tidak rapi, berlebihan/tidak berlebihan
- Sikap dalam wawancara: Gugup/gelisah/tidak santai/acuh tak acuh/sombong/tenang
- Keadaan fisik:Cacat / tidak cacat.
2. ASPEK: PENGALAMAN KERJA.
Untuk mengetahui riwayat pekerjaan (latar belakang meninggalkan pekerjaan, sering tidaknya pindah pekerjaan, berkembangnya karir/kebehasilan/kegagalan dalam pekerjaan terdahulu).
- Di perusahaan/bagian/jabatan/pekerjaan mana Anda merasakan kepuasan/ketidakpuasan? Mengapa?
- Mengapa Anda pindah ke perusahaan lain.
Wawancara:
(Untuk calon yang belum berpengalaman )
- Dapatkah Anda menceritakan mengenai kuliah kerja nyata/praktek kerja Anda?
(Jawaban diharapkan mencakup: dimana, kapan, tempat/bagian, kesan, kesulitan dan cara mengatasinya, dll.)
- Bagaimana pendapat Anda mengenai program kerja nyata/praktek kerja tersebut?
(Jawaban diharapkan mencakup: perlu tidaknya program tersebut, untung ruginya, manfaatnya, pembiayaan, dll.)
- Ceritakan mengenai laporan kerja praktek Anda?
(Jawaban diharapkan mencakup: bagaimana ia merencanakan, menyusun, memperoleh bimbingan, menyelesaikan laporan tersebut)
- Apakah Anda melakukan kerja sambilan (part time) selama sekolah/kuliah?
(kalau Ya, ceritakan , kalau “Tidak” mengapa?)
Wawancara:
(Untuk calon yang sudah berpengalaman)
- Dapatkah Anda ceritakan mengenai pekerjaan Anda saat ini? (Jabatan, tugas, tanggung jawab & wewenang)
- Apa kesulitan yang Anda hadapi & bagaimana cara Anda mengatasinya?
- Sebutkan prestasi Anda/hasil yang menonjol selama itu dengan bagaimana penghargaan perusahaan atas prestasi tersebut?
3. ASPEK: PENGETAHUAN/KEMAMPUAN
Pengetahuan terhadap bidang pekerjaan/disiplin ilmu yang dikuasai, kemampuan menganalisa permasalahan, berpikir logis, mengemukakan gagasan baru.
Wawancara:
- Apakah judul skripsi yang Anda buat? ceritakanlah secara singkat!
- Apakah yang Anda ketahui mengenai…(konsep dasar bidang kerja yang dilamar)
- Coba Anda jelaskan mengenai ……… (konsep dasar bidang ilmu yang dikuasai).
- Apakah Anda pernah mengantisipasi suatu problem atau kesempatan sebelum orang lain? Ceritakan (dalam pekerjaan yang pernah dihadapi atau secara umum)
- Apa yang pernah Anda lakukan untuk membuat pekerjaan Anda lebih efisien?
- Pengetahuan / kemampuan apa yang dapat Anda sumbangkan ke perusahaan kita?
4. ASPEK: MOTIVASI
Alasan melamar pekerjaan/minat terhadap pekerjaan yang dilamar.
Observasi:
Logika dalam menjawab suatu pertanyaan, cara menganalisa suatu masalah, kreativitas atau ide-ide baru dalam menjalankan tugas/pekerjaannya.
Wawancara:
- Apa tujuan Anda bekerja?
- Antara Perusahaan Swasta, Instansi Pemerintah dan Profesi (Mis: Dosen, Pengacara/Wiraswasta) dimanakah Anda akan berkarya?
- Hal apa yang paling Anda sukai/tidak sukai dari pekerjaan Anda yang lalu? Jelaskan!
- Mengapa Anda ingin bekerja/pindah ke perusahaan ini?
- Apakah yang Anda harapkan akan Anda peroleh dengan bekerja di perusahaan ini?
- Apa yang Anda capai dalam jangka waktu 5 tahun mendatang? (dari segi kerja & jabatan)
- Mengapa Anda membina karir sebagai …(sesuai dengan bidang karya yang dilamar)?
- Pernahkah Anda punya keinginan untuk mencoba bidang kerja lain?
5. ASPEK: KEPRIBADIAN
- Stabilitas Emosi (pengendalian diri dalam situasi stress)
- Kontak Sosial (minat dalam kegiatan kelompok/bergaul dengan orang lain.)
- Drive (dorongan dari dalam diri sendiri/usaha/semangat untuk mencapai suatu tujuan)
- Keuletan(sikap tidak mudah menyerah menghadapi kesulitan).
- Inisiatif (Tindakan/kegiatan untuk memulai sesuatu).
- Komunikasi (kemampuan mengungkapkan ide/pikiran secara teratur dan dapat dimengerti oleh orang lain).
Observasi:
- Cara berbicara:
Apakah terlihat emosional, suaranya bergetar, gagap, gugup, ataukah tenang, penuh rasa percaya diri, lugas, dapat mengendalikan diri dalam situasi yang kurang menyenangkan.
Wawancara:
- Organisasi/kegiatan sosial apakah yang pernah Anda ikuti? Apa peran & tugas Anda?
- Mengapa Anda menjadi anggota organisasi tersebut/apa tujuan Anda masuk organisasi tersebut?
- Aktivitas apa saja yang telah Anda jalani bersama organisasi tersebut? Apakah sumbangan terbesar yang Anda berikan dalam kegiatan tersebut?
Wawancara:
- Mata kuliah apa yang Anda rasakan paling sulit? Apa usaha Anda untuk lulus dari mata kuliah tersebut?
- Apa saja yang telah Anda lakukan untuk lulus ujian akhir/menyelesaikan tugas yang diberikan kepada Anda?
- Apa saja yang telah Anda lakukan untuk memperoleh pekerjaan?
- Usaha apa yang sudah Anda lakukan untuk memperbaiki prestasi kerja Anda?
Wawancara:
- Pernahkah Anda merasa sangat kecewa? Bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut?
- Kondisi kerja yang bagaimana yang Anda rasakan paling sulit? Bagaimana cara Anda menghadapinya.
- Masalah penting apakah yang berhasil Anda selesaikan dengan baik? Ceritakan prosesnya!
- Apakah yang harus Anda lakukan agar cita-cita Anda tercapai?
Wawancara:
- Apa saja yang Anda lakukan untuk mengisi waktu luang?
- Pernahkah Anda menyelesaikan tugas yang diberikan melebihi target yang telah diberikan? Ceritakan.
- Ceritakanlah tentang gagasan baru yang berhasil Anda terapkan di tempat kerja Anda sekarang!
Observasi:
- Suara:
Apakah jelas/lantang/terbata-bata/gugup.
- Cara berbicara:
Spontan/singkat/lancar/berputar-putar/terarah/menyakinkan (persuasive)/tegas/ agresif/percaya diri.
- Cara menerima pendapat orang lain:
Acuh tak acuh / penuh perhatian / aktif bertanya / sering tidaknya memotong pembicaraan orang lain.
6. ASPEK: KEPEMIMPINAN
Kemampuan merencanakan, mengorganisasi, mendelegasikan, mengontrol dan mengambil keputusan.
Wawancara:
- Apakah Anda mempunyai pengalaman dalam memimpin suatu organisasi atau kegiatan atau dalam kelompok kerja?
- Bagaimana Anda membagi tugas pada bawahan-bawahan Anda?
- Bila bawahan Anda berprestasi kurang memuaskan/kurang disiplin, bagaimana cara Anda mengatasi hal tersebut?
- Sekali waktu, Anda harus berusaha memperoleh dukungan dari kelompok orang yang bukan bawahan Anda apakah yang Anda lakukan? Berhasilkah Anda?
- Bagaimana cara Anda mengikuti perkembangan tugas-tugas yang telah Anda delegasikan kepada bawahan Anda?
- Keputusan tentang apakah yang Anda rasakan paling sulit Anda ambil? Jelaskan!
- Apakah Anda sering merasa terlalu cepat atau lambat dalam mengambil keputusan? Mengapa?
- Apakah yang akan Anda lakukan bila bawahan Anda melakukan kesalahan?
- Apakah yang akan Anda lakukan bila perintah atasan Anda bertentangan dengan Peraturan Perusahaan?
0 Comments:
Post a Comment
<< Home